-->

Definisi Serta Fungsi Pakaian Serta Perbedaan Busana Dengan Pakaian

Definisi Serta Fungsi Pakaian Serta Perbedaan Busana Dengan Pakaian

Definisi Serta Fungsi Pakaian Serta Perbedaan Busana Dengan Pakaian
Definisi Serta Fungsi Pakaian Serta Perbedaan Busana Dengan Pakaian - Kata pakaian, Tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Karena pakaian merupakan hal yang selalu melekat pada tubuh kita. Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia selain pangan dan papan. Pakaian merupakan alat penutup tubuh yang akan memberikan kepantasan, Kenyamanan serta keamanan. Dalam kehidupan sehari-hari, Kadang kita menyebut pakaian adalah busana atau
sebaliknya, Walaupun sebetulnya tidak sama, Karena pada artikel tentang busana, pakaian adalah bagian dari busana. Sedangkan busana mempunyai cakupan yang lebih luas dibandingkan pakaian, Karena busana menyangkut semua yang dikenakan manusia dari ujung kepala samapai ujung kaki, Sedangkan pakaian meliputi baju, blouse, kaos, Rok, Celana dan juga pakaian dalam.

Seiring perkembangan peradaban manusia, Dalam memilih serta memakai busana dan pakaian Seseorang selalu mengikuti perkembangan mode yang selalu berjalan, Sedangkan mode busana atau pakaian akan terpengaruh perubahan budaya serta perkembangan peradaban. maka dari itu tidak sedikit desainer busana dan pakaian selalu mengeluarkan ide atau gagasan kreatif dan inovatif dalam hal busana atau pakaian. Dan dari ide atau gagasan kreatif inovatif yang ditawarkan kemasyarakat akan tercipta trendsetter.

Pakaian dalam kehidupan sehari-hari mempunyai fungsi yang bergam, Berikut beberapa fungsi pakaian yang biasa kita kenakan.
Fungsi utama untuk menutup tubuh (Fungsi ini akan memberikan kepada pemakai rasa nyaman dan  Aman )
Nyaman hubungannya dengan kepantasan dan rasa dalam berpakaian, Hal ini akan sangat berhubungan pula dengan norma dan aturan yang berlaku pada masyarakat tertentu. Selain itu, Nyaman juga berhubungan dengan rasa yang dirasakan oleh pemakainya. Sebagai contoh seseorang yang bertubuh gemuk tentu tidak akan nyaman jika memakai baju dengan ukuran kecil, atau seseorang yang tinggal dilingkungan pesantren tentu tidak akan nyaman jika mengenakan pakaian ketat.
Aman hubungannya dengan gangguan yang akan merugikan, Pakaian dalam fungsinya memberikan keamanan adalah sebagai benteng atau tameng dari gangguan. Misal gangguan dari udara dingin, Panas, atau gangguan yang diakibatkan karena pandangan mata.

Fungsi pakaian
sebagai lambang status atau identitas dalam kehidupan sosial.
Selain sebgai menutup tubuh, Pakaian juga mempunyai fungsi lain yang dapat menunjukkan lambang status  atau identitas seseorang dalam kehidupan bermasyarakat.
Lambang status, Kadang akan bisa dengan mudah mengenali suatu komunitas. Misal pakaian yang biasa dikenakan oleh anak punk, Pakaian yang dikenakan clup motor.
Sedang fungsi pakaian sebagai identitas, Misal seragam Polisi, atau seragam lain yang bisa menunjukkan suatu identitas seseorang. Atau misal wanita dengan pakaian muslim lengkap.

Blog ini dibuat untuk minat Anda dan hobi kami blogging dan jika anda tertarik silahkan bagikan ke media social dibawah ini

No comments:

Post a Comment