-->

Kenali Tanda dan Gejala Awal Diabetes

Waspadai penyakit diabetes
"Waspada!! Diabetes Sedang Mengintai Anda"

Bagaimana Anda bisa tahu apakah Anda menderita diabetes? Sebagian besar gejala awal berasal dari kadar glukosa yang lebih tinggi dari normal, semacam gula, dalam darah Anda.

Berikut ini gejala awal penyakit diabetes (Kencing Manis

  • Sering buang air kecil/ Jumlah urin yang dikeluakan lebih banyak
  • Sering cepat merasa haus
  • Lapar belebihan atau banyak makan
  • Kehilangan berat badan atau tidak jelas penyebabnya
  • Kesemutan atau mati rasa pada ujung syaraf ditelapak tangan dan kaki
  • Cepat lelah dan lemah setiap waktu
  • Mengalami rabun penglihatan secara tiba-tiba
  • Luka lama kering. Apabila luka atau tergores (korengan) Lambat penyembuhannya
  • Mudah tekena infeksi terutama pada kulit
Kenali Gejala Diabetes

Gejala sangat ringan sehingga anda tidak memperhatikannya. Terutama untuk diabetes tipe 2. Beberapa orang tidak mengetahuinya memilikinya sampai mereka bermasalah akibat kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh penyakit tersebut.

Penderita diabetes tipe 1, gejalanya biasanya cepat terjadi, dalam hitungan hari atau beberapa minggu. Mereka juga jauh lebih parah.

Gejala umum
Kedua jenis diabetes tersebut memiliki beberapa tanda peringatan yang sama.

Kelaparan dan kelelahan. Tubuh Anda mengubah makanan yang Anda makan menjadi glukosa yang digunakan sel Anda untuk energi. Tapi sel Anda membutuhkan insulin untuk membawa glukosa masuk.

Jika tubuh Anda tidak menghasilkan cukup atau insulin apapun, atau jika sel Anda melawan insulin yang dibuat tubuh Anda, glukosa tidak dapat masuk ke dalamnya dan Anda tidak memiliki energi. Hal ini bisa membuat Anda lebih lapar dan lelah dari biasanya.

Sering merasa kehausan. Rata-rata orang biasanya harus buang air kecil antara empat dan tujuh kali dalam 24 jam, namun penderita diabetes mungkin akan mengalami banyak masalah.

Mengapa? Biasanya tubuh Anda menyerap kembali glukosa saat melewati ginjal Anda. Tapi ketika diabetes mendorong gula darah Anda ke atas, ginjal Anda mungkin tidak dapat mengatasinya kembali. Hal ini menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak air kencing, dan itu membutuhkan cairan.

Anda harus pergi lebih sering. Anda mungkin buang air kecil lebih banyak juga. Karena Anda kencing begitu banyak, Anda bisa menjadi sangat haus. Bila Anda minum lebih banyak, Anda juga akan kencing lebih banyak.

Mulut kering dan kulit gatal. Karena tubuh Anda menggunakan cairan untuk membuat kencing, ada sedikit kelembaban untuk hal-hal lain. Anda bisa mengalami dehidrasi, dan mulut Anda mungkin terasa kering. Kulit kering bisa membuat Anda gatal.

Penglihatan kabur. Mengubah kadar cairan di tubuh Anda bisa membuat lensa di mata Anda membengkak. Mereka berubah bentuk dan kehilangan kemampuan mereka untuk fokus.

Gejala Tipe 2

Ini cenderung muncul setelah glukosa Anda tinggi sejak lama.

Infeksi ragi. Baik pria maupun wanita penderita diabetes bisa mendapatkan ini. Ragi memberi makan glukosa, sehingga memiliki banyak hal di sekitarnya membuatnya berkembang. Infeksi dapat tumbuh dalam lipatan kulit hangat dan lembab, termasuk :
  • Antara jari tangan dan kaki
  • Di bawah payudara
  • Di dalam atau di sekitar organ seks
Luka sukar disebuhkan. Seiring waktu, gula darah tinggi dapat mempengaruhi aliran darah Anda dan menyebabkan kerusakan saraf sehingga sulit untuk disembuhkan.

Sakit atau mati rasa di kaki Anda. Ini adalah akibat kerusakan saraf lainnya.

Gejala Tipe 1
Penurunan berat badan. Jika tubuh Anda tidak bisa mendapatkan energi dari makanan, tubuh andak akan mulai membakar otot dan lemak untuk energi sehingga dapat menurunkan berat badan meski anda merubah pola makan.

Mual dan muntah. Bila tubuh Anda membakar lemak, itu membuat "keton." Ini bisa terbentuk di darah Anda ke tingkat yang berbahaya, kondisi yang mungkin mengancam jiwa yang disebut ketoasidosis diabetes. Keton bisa membuat perut anda sakit.
 
Anda harus menghubungi dokter?

Jika Anda lebih tua dari 45 atau memiliki risiko diabetes lainnya, penting untuk diuji. Bila Anda melihat kondisinya lebih awal, Anda bisa terhindar dari kerusakan syaraf, gangguan jantung, dan komplikasi lainnya.

Sebagai aturan umum, hubungi dokter Anda jika Anda :
  • Merasa sakit perut, lemah, dan sangat haus
  • Kencing banyak
  • Sakit perut yang parah
  • Bernafas lebih dalam dan lebih cepat dari biasanya



Blog ini dibuat untuk minat Anda dan hobi kami blogging dan jika anda tertarik silahkan bagikan ke media social dibawah ini

No comments:

Post a Comment